LASKAR PELANGI

Pas launching novelnya di acara Kick Andy aq langsung bersemangat toek sgra beli n baca bukunya. Karena dari resume Kick Andy ajjah, aq langsung ngerasa kalo ni buku punya sesuatu yang bisa menggugah jiwa bagi yang membacanya. Beneran, gak perlu waktu lama buat melahap semua isinya…. Sejak awal tokoh Ikal dan Lintang sudah banyak memberikan kata bermakna.. Gimana Lintang yang punya kemauan keras untuk sekolah dan bersepeda puluhan kilometer plus menantang maut karena everyday harus berhadapan dengan buaya dulu sebelum tiba di sekolahnya dengan selamat!!! Benerrr, hatiku tersentuh banget!! Terus kata-kata Ikal bahwa betapa dia menyayangi Lintang, sahabat dan teman sebangkunya tapi sekaligus juga dia penasaran karena gak bisa ngalahin di setiap kenaikan kelas… Lintang selalu ranking 1 dan Ikal selalu ranking 2… Bagian itu bikin aq tersenyum karena tiba-tiba mengingatkan aku pada putriku, gadis kecilku, yang dia juga selalu penasaran dengan temannya, sahabatnya, yang juga kompetitornya dalam perebutan tahta ranking 1 dan 2 di kelasnya sepanjang tahun hehehe….. Padahal Ikal sudah menambah porsi belajar dan membacanya supaya dia bisa sekali waktu berada di posisi number one, tapi gak pernah berhasil… Hingga akhirnya tibalah surat pengunduran diri Lintang dari kegiatan per-sekolahan karena alasan klise : Bapakku meninggal…….. Lalu terurailah air mata Ikal karena baginya Lintang adalah semangatnya, motivatornya dan tujuannya dalam bersekolah saat itu. Mungkin Ikal berpikir, apalah artinya bisa berada di pucuk teratas kalo saingannya dah gak ada??? Eit, tapi itu baru mungkin looohhh… Mungkin juga ikatan pertemanan secara batiniah diantara mereka lumayan kuat kaann??? Tapi yang bikin mataq terbuka adalah, ternyata Allah itu adil, bahwa kecerdasan bukan hanya milik orang-orang kaya dan kesuksesan bukan cuma untuk orang-orang berduit ajjjahhh yang bisa mengeluarkan segepok uang untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah ter-mahal, yang bisa mencairkan puluhan juta depositonya untuk mengirim anak-nya bersekolah di luar negeri………. Lintang yang cerdas bahkan bisa menjelaskan tentang teori cahaya, gelombang elektromagnet sampai energi listrik bak Albert Einstein, yang bisa menghitung matematika tanpa secarik kertas buram-pun bahkan dia bisa mengajarkan bahasa Inggris pada ke-9 teman se-laskarnya hanya dengan berpatokan pada : kata kerja-nya saja!!! Ikal yang tekun, yang punya kemauan kuat demi untuk bisa pergi ke Paris dan melihat Edensor, yang tak bisa lepas dari semua uraian kisah masa lalunya, yang jiwa ber-kompetisinya sangat tinggi dan sangat mengagumi Lintang dan Bu Mus sepanjang hidupnya ternyata memiliki keberuntungan yang jauh berbeda dari Lintang. Walopun pada akhirnya Lintang hanya menjadi seorang supir truck dan Ikal sempat meneteskan air mata saat mengetahui betapa sia-sianya kecerdasan yang dikaruniakan Allah pada sahabatnya itu bila dia hanya bisa menjadi seorang supir saja!!! Menyedihkan sekali……. Aq menangis hampir tersedu-sedu di bagian ini…. Semua mungkin hanya karena solidaritas saja, karena aq merasa bisa memahami, betapa kecewanya bila hidup tak seperti yang kita dambakan… Betapa kecewanya bila kita merasa bisa menjadi lebih dari yang ada saat ini namun kita tak bisa hanya karena Allah sudah memberi garis hidup yang di luar dugaan!!!

 

Motivator Book

Motivator Book

Tapi semalam pas aq nonton filmnya, rada disappointed juga seehhh, karena kok banyak hal yang menurutq berharga malah dihilangkan dari film tuuu… Jadinya tokoh sentralnya malah Pak Harfan dan Bu Mus….. Karena kegigihan ke-10 anggota laskar pelangi dalam mengejar cita-cita gak begitu ditonjolkan…… Padahal in my opinion loooh yaaa, maksud Andrea Hirata bikin tu buku adalah menggugah minat dan semangat para pembacanya supaya gak mudah berputus asa dalam beberapa hal hanya karena kita miskin… Gak perlu takut punya cita-cita setinggi langit karena mungkin saja bintang-bintang di angkasa ikut mendoakan kita sehingga kelak bisa terwujud… Gak perlu takut juga untuk jatuh sakit bila impian yang muluk tersebut gak ter-raih, karena semangat dan kerja keras selalu membuahkan hal yang manis pada akhirnya. Jadinya maksud yang terpendam dalam tu novel, jadi gak bisa keluar dalam filmnya… Karena kebanyakan scene film hanya menggambarkan mereka belajar di kelas untuk hal-hal cetek yang mungkin hanya sekedar formalitas untuk menjelaskan bahwa film ini punya muatan pendidikan selain itu paling sering mereka ber-sepuluh bermain di bawah guyuran air hujan ala Petualangan Si Bolang di televisi…. Tapiiii, yah lumayanlah buatq selama Pak Harfan masih mengeluarkan kata-kata indahnya sepanjang film dan selalu diulang-ulang : Hidup adalah untuk memberi sebanyak-banyaknya bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya……….. Juga pada akhir film saat Ikal mudik ke kampung halamannya dia bertemu Lintang dan Lintang memamerkan anak gadisnya yang sedang bersekolah, aq lumayan miris dan jadi teringat pada seorang sahabatq yang selalu berkata : Biarlah aq tak bisa menjadi apa-apa dan tak mungkin bisa menjadi siapa-siapa, q berikan semua ilmu yang q miliki, semua cerita hidup yang qlalui, semua semangat dan doaq pada anakq, agar suatu saat dia memiliki kehidupan dan penghidupan yang lebih baik daripada aq……. Yaaahhh selamat buat Mira Lesmana dan Riri Riza, karena walopun film anda tak seindah novelnya namun kalian telah berusaha menceritakan semua dengan kacamata yang berbeda… Buat Andrea Hirata, kesuksesan bukan hanya buah kerja keras dan semangat saja bung!! Di sana juga ada doa orang tua, istri dan orang-orang yang mencintai kita sehingga Allah berkenan menganugerahkan keberuntungan pada anda sehingga anda bisa berhasil dan sukses seperti sekarang…….. Salute buat Lintang yang bisa menerima kenyataan pahit dengan bersabar dan berbesar hati, karena  sampai kapanpun aq selalu yakin bahwa kemenangan adalah milik orang-orang seperti anda……….

 

Buat yang belom pada nonton, mending baca novelnya dulu deeehhhh… Biar kalian gak kebingungan karena banyak adegan terputus dalam film itu… Mungkin sutradaranya menganggap kita dah mampu mencerna semua bagian dalam film karena dah hapal novelnya luar dalam… Salam buat anggota Laskar Pelangi yang sekarang kebanyakan dah jadi orang sukses…. Ingak-ingak : Kesuksesan dalam hidup adalah hak setiap umat manusia!!! Gak peduli dari kalangan se-bawah apapun dan dari tingkat kesulitan ekonomi se-berat apapun semua wajib punya cita-cita!! Kata alm. bapak-q: Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit anak-anakq supaya kamu punya semangat dalam hidup ini!!! KUDU!!!!

Iklan

8 responses to “LASKAR PELANGI

  1. hehe emang beda ya, tapi ya gimana toh andrea-nya juga bilang “buat apa difilm-in kalo ceritanya sama dengan novelnya ” hehehehe…..

    Btw, on the busway, gak pengen lihat Sex and the City bu?!asli bagus ceritanya…tapi gak bagus joroknya.hahahahaha…

  2. @ innes
    Yups! Pengen juga nonton Sex and The City, tapppiii appa sekarang masih maen di bioskop? Kirimin dong resensinya…. boleh di-posting ke blog-q biar tambah khereeennn…..

  3. baru maen mbak, selasa kemaren, cuma gara2 demam Laskar pelangi,hehe…jadinya film ini cuma diputer si Sutos ma Galaxy…
    Ya cerita 4cew.bershabat, Samantha, Charlotte, Miranda, n Carrie Bradshaw…tapi cerita awlnya gak tahu, lha itu kan kyk sinetron gitu ya, di HBO
    Tapi ceritanya skrg lebih terfokus ke Carrie..pokoke maknyus-lah..apalagi baju yg dipake, sepatu, tas,apartmen, n lokasi2nya, wui Indonesia gak punya itu..MasNtok aja mpe pengen ke smua tmpat2 itu, amien lah…
    Carrie itu mo nikah ma ‘teman hidupnya’yg slma ini menemaninya 10thn, nmanya Mr.Big alias John Preston.tapi pas hr H-nya si Mr.ini g jd nikahin carrie…gr2 pas mlm gladi bersih pernikhn, smacm pesta lajang gitu, si Mr.Big dibilangin ma Miranda gni..’Kamu pasti sudah gila kalau smpe mutusin buat menikah’..
    Miranda ngomong gt ke Big coz dia hbs marah2 m suaminya yg selingkuh..
    Nah cerita slnjutnya lht aja..soalnya disni lek aq blng gak cuma mbhas soal arti pershabtn, tapi juga indahnya keluarga& ‘love’
    Tapi tetep…aq suka ma sepatu2nya…hahahha…

  4. @ innes
    Lha iya neng, yang bagus tu filmnya ato sepatunya???????

  5. Ka, sebagai penggemar laskar pelangi, sang pemimpi, edensor, dan juga andrea hirata aku sih cukup puas setelah lihat film Laskar Pelangi (LP) (meski nda puaass banget). kupikir itu hasil maksimal yang bisa di buat mira lesmana cs, dan aku yakin sineas lain ndak akan mampu. Keterbatasan bahasa film kan nda bisa ngejelasin semua dan sedetail bahasa tulis (novel) meski film Laskar Pelangi panjangnya udah 2 jam 15 menit karena bahasa yang dipake beda. Biar nda kecewa sebaiknya waktu berangkat nonton filmnya, jangan berharap film akan sama dengan novel Laskar Pelangi (yang mungkin bisa kubilang sebagai master piece-nya andrea hirata). Emang film LP banyak menonjolkan sosok bu Mus dan pak Harfan, tapi Andrea kan emang mendedikasikan bukunya untuk Bu Mus, seperti janji ikal waktu kecil bahwa untuk menghargai Bu Mus suatu saat dia akan menuliskan kisah mereka dan Bu Mus. Salut buat anak-anak belitong, khususnya lintang dan mahar, yang maen bagus di film itu.

  6. @ kris
    Yoi do’i……… Ma acih komennya mbakyu… Jadi inget masa muda qta… Sering nonton pilem berdua yahh qt…… Trus serunya bis itu qt bahas kayak forum diskusi gitcu dahhh…. Sering2 mampir yaaaahhhhh… Komennya oks banget!!!

  7. aduuuhhh….bener bgt bu ika…banyak yang hilang pas di filmnya…banyak yg g sama dengn yg di buku…spt adegn cerdas cermat, n waktu A Ling sudh g di bagian kapur..he.. Adegn2 yang saya bayangin waktu baca bukunya ternyata g spt yang difilmkan, conth : waktu flo hilang, waktu karnaval, dll..

    tapi meski begitu, cukup memuaskan jika dibandingkan dengn AAC, meski g puas bgtt…
    Filmnya cukup menghibur..n bikin pgn nonton lg.. Sepertinya memg kerja brgnya MiLes n Riri Reza selalu bikin pgn nontn untuk kesekian kali n g pernah bosen… contoh : Petualangan Sherina , meski Sherinanya dah segede itu, tapi saya g pernah bosen liat filmnya…Satu lagi AADC (Ada Apa Dengan Cinta) klo yang satu brg ma Rudi Soedjarwo..tapi tetep aja g pernah bosen….

    btw…Laskar Pelangi The Movie memang salah satu film wajib tonton kok…

  8. @ dewi
    emang benerrr………. swearrr wajib tonton…..asalkan gak ngantri jam-jam-an lagi deeee…………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s