TANAH AIR BETA

Pusaka Abadi Nan Jaya

Pusaka Abadi Nan Jaya

Indonesia tanah air beta………
Pusaka abadi nan jaya…………
Indonesia sejak dulu kala……….
Tetap dipuja-puja bangsa…………..

Gak tau knapa yah, setiap aq denger ato nyanyiin lagu ini, bulu kudukq jadi merinding…….. Sepertinya ada unsur magis gitu pas pengarangnya bikin syair ni lagu. Lalu ingatanq jadi melayang-layang, berimaginasi sesuai berita surat kabar yang beredar hari ini.

Headlinenya : BBM Naik Lagi; BBM Turun Lagi; Elpiji Langka; Pejabat A/B/C Ditangkap KPK Karena Korupsi; Bandar Narkoba Ditangkap; Kapal A/B/C Tenggelam Kelebihan Muatan; Pesawat A/B/C Jatuh Karena Tak Layak Terbang; dan seterusnya………..

Gak jelas kenapa, negeri gemah ripah loh jinawi ini kok sepertinya dirundung masalah yang tak ada habisnya. Masyarakatnya seolah didera stres panjang yang berbuntut angka kriminalitas yang tinggi. Coba deh, mutilasi seakan jadi trend. Trus motivasinya biasanya yah perampokan ( soalnya butuh duit tapi habis di-PHK jadi nganggur, padahal anak istri dah puasa 7 hari 7 malam ), cemburu buta ( soalnya istrinya selingkuh sama lelaki laen yang lebih mapan ), banyak hutang ( soalnya ditagih terus, jadinya bikin kalap ) naaaa kannnn……. ujung-ujungnya ekonomi juga……….

Knapa kapal tenggelam? Karena kelebihan muatan. Kenapa kelebihan muatan? Karena smakin banyak penumpang smakin banyak duit masuk. Knapa pesawat jatuh? Karena mesin-mesinnya banyak yang harus direparasi, tapi maskapai gak punya duit buat betulin. Kenapa maskapai gak punya duit? Karena harga tiket pesawat harus murah semurah-murahnya biar tetep laku.

Yaaahhhh….. itulah potret negri ini. Belum termasuk anak-anak yang butuh pendidikan di daerah terpencil, belum termasuk korban lumpur LAPINDO, belum termasuk ribuan pengangguran tanpa penghasilan……

Di sana tempat lahir beta……
Dibuai dibesarkan bunda……
Tempat berlindung di hari tua……
Sampai akhir menutup mata………

Iiiiihhhhhh aq mewek euuyyy………. Tau gak, aq ni posting sambil nyanyiin lagu ini……… Awalnya liat banner lomba blog yang postingannya kudu mengandung cinta tanah air Indonesia. Suummmpriiittt!!!!!!! Bukan cuma hadiahnya aja yang menggoda iman-q, tapi tiba-tiba ajah aq berpikir, kok aq bisa yah bikin postingan tentang Palestina tapi kok gak pernah punya feel bwat bikin postingan about my country………

So, aq coba menelusuri knapa rasa cinta dan kebangganq terhadap tanah air rada-rada luntur akhir-akhir ini………. Ternyata penyebabnya yaahhh seperti yang aq curhat-in di atas ntuuu…. Menurut-q seeeh negri ini : Hampir hancur, rada berantakan dan agak kacau. Kayaknya gitu deeehhh yahh……… But, kalo bukan qta yang benahin siapa lagi yang bisa????? Negri ini semata-mata hanya mengandalkan generasi mudanya….. ( Ya iyalaaahhh, lha kalo dah tuwir, ompong dan pikun kaaannn cuman tinggal menghitung hari….. Gak bisa diandal-in lagi kannn?????? ) Kaleee ni yaaahhh, salah satu caranya yang utama yang rasa cinta negri ini harus mulai qta bangkitkan lageee……. Kalo udah cinta, orang pasti mau melakukan apa aja untuk yang dicintai…… Ya kannn????? Kalo udah cinta, orang pasti mau berkorban apapun untuk yang dicintai…….. Ya toooo???

Nah temen-temen bloger-q tersayang, mudah-mudahan gak cuma qta yang bisa kembali mencintai negri ini, lalu membenahi carut marutnya dengan membangkitkan kreatifitas yang ada dalam benak qta…….. Menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan dengan mendaur ulang hal-hal yang terbuang tentunya didukung oleh semangat berkreasi yang tinggi……. Mudah-mudahan bapak2 dan ibu2 yang hari-harinya bercokol di Gedung Bundar tuuuu…….. Mau lebih mencintai lagi negri ini dengan segenap bangsanya yang heterogen dan gak menghabiskan waktunya dengan duduk terkantuk-kantuk di setiap rapat dewan melainkan lebih mikirin, apa seeehhh yang dibutuhkan Indonesia?????? Bukan cuma mikirin apa seeehhh yang dibutuhkan keluarga di rumah ajaaaahhh………

My dreams, aq ingin menghabiskan masa tua-q bersama suami dan anak cucu-q tetap di negri ini…………. Aq mencintai tumpah darah-q……….. Aq mencintai bangsa-q………… Aq hanya berharap dan berusaha agar negri ini bangkit dari keterpurukan…….. Aq hanya berharap dan berusaha agar bangsa ini berdiri dari keputusasaan…….. Bisa dan masih bisa!!! Saat ini gak butuh darah dan air mata kayak jaman nenek moyang qta dulu, cukup dengan mau mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan……… Walopun aq seorang ibu rumahan biasa, aq usaha looohhh untuk itu……… Misalnya, aq bikin semacam home industri kecil-kecilan ( sesuai modal yang emang juga kecil ) dan aq harap itu bisa sedikit mengentas pengangguran terutama bagi penderita cacat…….. Aq yakin deee, temen bloger smua pasti juga punya ide laen yang lebih hebat…… So, negri ini butuh kalian semua, tauuuu……..

Akhirnya…….. Mudah-mudahan jika kelak aq menutup mata ( likes this song ) seluruh darah dan kulitq tetap akan terbalut rasa cinta-q padamu, Indonesia-q………..

Iklan

47 responses to “TANAH AIR BETA

  1. Hore…
    Aku jadi yang pertama ngasik komen di blognya mbak Ika…
    Memang mulai pak SBY naek tahta kepresidenan banyak sekali terjadi bencana alam, kecelakaan dan teror menebar dimana-mana, mulai dari Tsunami, Bom Bali, Pesawat Jatuh dan yang masih berlanjut hingga sekarang adalah Lumpur LAPINDO.
    Tapi aku salut dengan pak SBY yang punya inisiatif untuk mendirikan KPK (bukan Kredit Pengusaha Kecil loh…!!!) guna memberantas Korupsi yang kayaknya sudah mendarah daging dan menjadi tradisi bagi para “Tikus” Indonesia.
    Aku memang paling benci dengan yang namanya KKN. Karena aku sendiri pernah mengalaminya waktu mengurus Surat Tanah di Kantor Pertanahan Probolinggo milik nbakku yang di Surabaya tapi aku nggak tahu harus ngelaporinnya kemana mbak???

  2. hari sabtu gak ada gawean, akhirnya aku ya ngeblog jalan satu satunya πŸ™‚
    + ninggalin bekas

  3. mungkin indonesia hanya bagus di lagu aja.. aq sendiri hanya sekedar bisa ikut prihatin…. tapi tak mampu berbuat apa apa…

  4. mbakq habis ngeluyur kemana?kok ada angpau segala?apa aq mo dikasih angpau? πŸ˜€

  5. LAM KNL MBA YA………………..

  6. @Rudy
    iyah…….. aq juga ngalamin tuh di kantor BPN Surabaya….. sebel banget!!! Peraturan hari ini sama minggu depan bisa beda…….. gila yahhh…….

    @tukyman
    ya udah….. bekasnya masih lom ilang kok……

    @idham
    eiittt bisa kok melakukan sesuatu!!!!! lakukan ajah apa yang terbaek sesuai bidang yang kamu tekuni sat ini yahhh……. wish you luck!!!

    @innes
    abis dari Hongkong, ndoel…….. hehehe….. ntar kalo angpaunya jatuh dari pohonnya alias rontok pasti aq kirimin ke kamu deee……

    @nandodoke
    salam juga…………

  7. Bukan hanya peraturannya yang selalu berubah mbak tapi dulu aku sempat “dilempar” kesana-kemari dengan alasan bikin ini dan itu…(capek deh mentang-mentang punya kekuasaan)
    Thanks udah mampir ya mbak….
    Wordpressku masih belum sempat aku jamah lagi..

  8. Tukar link boleh nggak?
    Salam kenal ya…!
    Indonesia Tanah Air Kita….!

  9. aku gak tau yah…
    sering merasa heran dgn orang2 indonesia, yg suka jelek2in negara sendiri. padahal …aku disini…amat sangaaat berharap bs pindah dan tinggal diindonesia. aku ga pernah peduli sama rupiah yg terus2an anjlok, polusi yg katanya makin parah.

    tp sejak tinggal di negara orang…gak pernah akupunya rumah nyaman senyaman rumahku diindonesia…huhuhuh…apalagi kalo ngebayangin ketoprak, bakso dan temen2nya yg laen.

  10. Benar mbak Ika…banyak hal yg bisa kita lakukan untuk sedikit membantu bangsa ini.

    Sangat bagus postingnya:-).

    Nb : Apa posting ini nanti yg diambil untuk program IFB membuat buku dari postingan blogger-blogger?,seperti ide mbak Ika??;-)

  11. Apapun wajah Indonesia, aku tetep cinta Indonesia πŸ™‚ Klo Indonesia mau berubah harus mulai dari diri kita sendiri, mulai dari yg kecil.. (sok bijak ya.. hehehe.. tp emang gitu menrtku.. πŸ™‚

  12. Salut…Indonesia Tanah Air Beta…harus tetap kita cintai dan kita jaga….Nasionalisme harus tetap kita nomor satukan…Indonesia..apapun bentukmu…aku tetap mencintaimu…
    Salam kenal dari Ayah….

  13. Indonesia kaya akan alamnya.. tapi miskin rakyatnya… entah siapa yang harus disalahkan.. yang jelas tukang pecel ga’ mo ikut campur dalam hal ini…

    Salam Dangdut…

  14. Linknya sudah kutulis!
    Thanx ya….!

  15. @Rudy
    emang……. kayaknya mereka smua hobynya olahraga ping-pong smua!!

    @Blog Cantik
    kenalan juga mbak……. linknya dah q pasang tuuu…….

    @ichaawe
    iya deee……… jauh di mata dekat di hati…… cinta Indonesia apapun yang terjadi…. ya kannn?????

    @Gusti Dana
    waaaa proyek bukunya jadi neeehhh??????

    @Meidy
    tul banget!!! mulai dari diri sendiri, sadar untuk berlalu lintas yang tertib, sadar untuk membayar pajak, sadar untuk enggak mengambil hak orang laen, sadar bahwa untuk membangun bangsa yang besar dan maju harus start dari membangun dan menjadikan diri sendiri orang yang berharkat, bermartabat dan berakhlak……. tetap semangat!!!!!!

    @angga erlangga
    looohhh tukang pecel juga ikut andil kok dalam menyehatkan masyarakat……… selaen pecel termasuk makanan khas daerah tertentu yang juga merupakan bagian budaya yang harus dilestarikan, pecel juga makanan sehat yang lengkap kandungan gizinya…… gak kalah ama salad or pizza geeettttuuuuu……

  16. Nah itu dia Mbak,,

    Saya juga heran nich…

    MAri iita bangun bersama sama …

    asa itu masih ada…

    Semaangat..

  17. Indonesia tanah air beta,tanahnya longsor airnya meluap,salam kenal ya.

  18. BAHAYA………….berarti INDONESIA cuma punya orang Sulawesi donk

  19. semoga bisa menang dlm lomba itu, ya mbak.

  20. keknya se ide ma dq nih mbak..?

  21. Benul, mbak Ika. Indonesia kita di dalamnya banyak aspek yang ancur-ancuran pol. Oleh karena itu, benar juga, kita harus mencintai mbak Ika Indonesia.

    AKU CINTA PADAMU, MBAK IKAAA INDONESIAAAAA…
    Mmmuakhh… mmmuakhhh…..!!!

  22. mulai dari diri ndiri d….moga2 apa yang kita lakukan bisa berguna bagi diri kita, kelg, lingkungan…moga2 d smua bisa benahin diri…

  23. Mimpi gua juga gitu,hidup tenang di negeri ini.Sesekali jalan- jalan ke luar negeri ( ya minimal timor leste lah )….sumpeh !

  24. Sahabatku yang cantik…mampirlah ke gubugku dan buat aku tersenyum:-)

  25. Antara bangga dan tidak, tp aku tetap cinta Indonesia πŸ˜€

  26. saluuuttttt!!! nice posting mbak.. teruta,a untuk indonesia qt tercinta πŸ™‚ πŸ™‚
    aq berdo’a semoga bangsa ini kembali berjaya dan disegani bangsa lainnya..
    semoga aq juga bisa berguna bagi bangsa indonesiaq tercinta πŸ™‚

  27. semangat nasionalisme aku langsung berkibar neh….

  28. saat mengajar siswa2 saya (yg berasal dr berbagai negara dan belajar bhs indonesia krn hrs bekerja di sini) – saya selalu mencoba memasukkan indoktrinasi bhw Indonesia (meski banyak kekurangan di sana-sini) tidaklah negatif spt yg dilihat kebanyakan org..sebaliknya banyak hal bagus di sini, kalau kita mau memfokuskan diri padanya.

    Nice post, Ika!

  29. mampir lagi…mencari yg baru.

  30. numpang lewat….mau blog walking…. πŸ˜€

  31. Sista, mantabs nih postiongannya
    Semangat!!!! I Love Indonesia

  32. Bantu saya..Aku rindu Yogya…
    Mencintai Indonesia berarti mencintai diri sendiri…..
    Hidup … Tanah Air Beta…

  33. Ya…semoga kita tidak hanya terharu tetapi selalu mengusahakan hal-hal terbaik demi bangsa dan negeri kita. Pro Patria.

  34. Sama kalow denger lagu SYUKUR… beh! Gmn gitu rasanya?

  35. salut buat dedikasinya terhadap indonesia..o iya, makasih buat info lomba blognya yah…

  36. Lagu itu mang dulu mewujudkan rasa bangga akan tanah air.. sekarang hanya sebuah lagu.. sedih ya.. semuanya bisa dimulai dari diri kita masing-masing….
    trus pemerintahnya… gmn ya, ada ga ya program cuci otak kotor pemerintah yang mikirnya hanya membentuk UUD (Ujung2nya Duit)??? waduuuuuuuuuuuh.. pemilu jadi ajang unjuk partai dengan harapan keterima, trus bakal dpt untung jauh lebih gede…………


  37. MAAFKAN
    KAMI
    ALAM

    by; doches

    Karena kami……………………………….
    Helai daunmu terabai
    Bilah-bilah rantingmu sirnah
    Batangmu tercampakan
    Akarmu terjepit.
    Lirikan bukit dengan wajah sedih
    Ulah kami telah menguliti
    Tatapan gunung penuh murung
    Ulah kami telah mengginduli
    Keterlaluan telah menghanyutkan kami
    Kekeliruan telah menimbun kami
    Sadar akan kesalahan
    Kami akan menjagamu
    Insaf dari kekilafan
    Kami akan mencintaimu
    Burung bernyanyilah
    Embun siramilah
    Maafkan kami alam………….

    RATAPAN ALAM

    By; Doches.

    Elegy alam menggunggah hati jagad
    Meratap keserakahan manusia
    Tak ada lagi daun menari
    Tak ada lagi akar merayap
    Burung enggan berkicau
    Menatap amarah sang surya
    Kesucian embun dinodai debu
    Jeritan anak sungai
    Menahan perih ditimpah banjir
    Kejernian kian dibalur lumpur
    Saudaraku…………….
    Masih adakah perasaan untuk alam????????????

  38. @bocahbancar
    bangun pemuda pemudi Indonesia!!!!!!! semangat!!!!!!!!

    @dikma
    maju terus pantang mundur, bung!!!

    @soul
    lhooooo…….. kok gituuuuu??????????

    @fata
    hahaha………. namanya juga usaha…………….

    @Nyanta Aza Lae
    oh yaaaa??????????? so goooooooddddd…….

    @Hejis
    setujuuuu!!!!!!! cinta Indonesia!!!!

    @audy
    ayooo mbak…… benahin diri sendiri!!!!!

    @-kk-
    waduuuuhhhh kok Timor Leste yahhh???? pa gak da pilihan laen tuuu??????

    @Gusti Dana
    tuuuuhhhh kaaannn…….. pasti mo dikasih pe-er lagi deeeeee………. hikhikhik……….

    @eeta
    mudah-mudahan seburuk apapun keadaan negri ini, qta tetap bisa mencintai dengan spenuh hati…….

    @mahardhika
    kalo bangsa qta mau menghargai bangsa sendiri, pasti qta juga akan disegani bangsa laen…… believe me sistha!!!!!

    @krismansyah
    semangat belajar, semagat bekerja teman!!!

    @astrid savitri
    Indonesia pasti bangga punya anak bangsa seperti mbak Astrid!!!! TETAP SEMANGAT!!!

    @fata
    maap lom posting yang baru lageeeee…… lom dapet inspirasi neeehhhh……… hehehe……..

    @ai
    monggo……. silakan…… gratis kok……. ndak bayar mbak………

    @anny
    mbakq……….. lama gak ktemu nehhhh…….. trims supportnya!!!!

    @Ayah
    ayah di mana????????? cepetan pulang ayah……. yogya menunggu ayah selalu…….

    @Blog Competition 2009
    Pro Indonesia!!!!

    @nA
    iyahhhh………. kalo denger lagu2 jenis gitu pasti langsung termehek-mehek deee…………

    @Ivana
    iyah bu dosen…………. lomba ni besar banget manfaatnya……… swear!!!

    @kak ega
    justru itulah yang harus mulai qta ilangin…….. mudah2an KPK bisa berangus smua yang kotor2 itu………. jangan putus asa kak!!!

    @nandodoke
    benernya generasi mudanya dah mulai peduli alam, buktinya gerakan sejuta pohon dimana-mana……. cuma mungkin kurang gaungnya jadi semangatnya kurang berkobar………. ayo rawat dan lestarikan alam, mulai dari di sekitar qta!! TETAP SEMANGAT!!!!!!!!!!

  39. I Love my Country… Indonesia

    Negara kita yang memiliki sumber alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang lumayan berkualitas yang masih bisa terus diasah.. suatu saat Indonesia akan dihormati oleh dunia πŸ™‚

  40. I love Indonesia! Salam kenal mbak

  41. Iya sih…kalau kita menghayati pasti jadi mewek… Salam kenal πŸ™‚

  42. @ Mbak Ika.. Ayah ada di Kalimantan Nich…
    Hidup Tanah Air Beta….disinilah aku hidup…
    dan disinilah aku ingin mati….ditanah airku sendiri…Indonesia,…..
    Salam tuk semua sahabat-sahabat..Tanah Air Beta…..

  43. Dulu…waktu aku masih SD, setiap panggung 17 Agustus-an aku dan beberapa temen selalu tampil dalam gerak dan lagu ini + puisi. Alahasil, banyak ibu2 dan hadirin yang meneteskan air mata.

    So… kalo dihayati, lagu ini sangatlah berkesan dan Indonesia bangget gitu loh…!!!

    Mari Mencintai Tanah Air kita…!!!

  44. wah, kok ya sama to keadaan negeri sampeyan dengan negeri cupang kami.

  45. koq sama ya….
    saya juga suka kasih perhatian lebih jika dengerin lagu itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s