IBSN : Sukses Versi Iis

Banyak banget artikel yang nulis tentang Kesuksesan, yang diliat dari berbagai kacamata. Semalem, aq pas lagi blogwalking, kira-kira ada sekitar enam blog yang menulis tentang kesuksesan plus trik-trik bwat meraihnya. So, aq jadi tergelitik dan balik mikir, benernya bentuk kesuksesan kayak apa seeehh yang paling bisa aq terima dari berbagai segi kehidupan????

Awalnya, pas jaman-jaman kuliahan dulu, aq pikir sukses ntu artinya punya kepribadian yang baek. Rumah pribadi, mobil pribadi, tabungan pribadi, villa pribadi……… Wuiiiihhhh pokoke segalanya serba “pribadi” deee……………. Q sampe berangan-angan, punya rumah elite gaya klasik victorian, dengan 8 kamar full AC, balkon luas nan sejuk, ruang tamu full wallpaper dan ruang keluarga dengan tipi layar lebar banget mirip bioskop……… Q bayangkan, aq jadi seorang wanita karier, berangkat pagi pulang malem nyetir mobil sekelas BMW, kemana-mana nentengin laptop dan…. jangan lupa, pake hand bag kaliber Hermes yang aseeellliii yang harganya juta-jutaan………… Duuuu nyamannya hidup dalam impian-q!!!! Saat ntu, itulah sukses, menurut ukuran-q. Gak bingung kalo liburan pengen ke mana. Benua apapun bisa dengan gampang aq kunjungi. Apalagi kalo sekedar cuman ke mall, waaa tangan kiri kanan penuh tas belanjaan barang-barang branded berkelas………. Trus, mo makan di resto mana ajaaahhh, tinggal pilih……. Mo Italian Food, Japanese Food, American Food sampe Java Food, komplit tinggal pesan karna bayarnya kan tinggal gesek kartu ini dan itu, beressss deee…………….

Hahaha…….. Tapi ternyata hidup memang tak adil……. Persis kayak lagunya Nidji ntuuu………. Saat kuliahq hampir berakhir, ibu-q terkena tumor payudara ganas sampe harus diamputasi satu payudaranya hingga kelenjar ketiak……… Gak terlalu lama, beberapa taon kmudian, ibu-q terkena stroke sampe-sampe harus dibotakin kepala beliau bwat masukin selang ke dalem batang otaknya yang penuh darah karna pembuluh darah otaknya pecah…….. 18 hari gak sadar setelah 38 hari nginep di RS akirnya boleh pulang juga…….. But, itulah awal dari hancurnya “kesuksesan” yang aq impikan…….. Itulah saatnya aq bangun dari mimpi indah-q dan kembali pada the real life yang aq harus jalani…… Suka ato tidak suka, menangis ato meratap, itulah jalan-q……… Mengejar kesuksesan berikutnya : karna surga di telapak kaki ibu……….. Is it right???

Suatu pagi, aq tanya pada Iis, ” Mbak, menurut mbak sukses ntu apa seehh?? ”
Iis gak langsung menjawab. Diam. Setelah menghela napas panjang dia bilang, ” Kalo menurut saya seh mbak, sukses itu artinya bahagia ”
” Itu aja??? ” aq ngotot.
” Iya….. Itu aja……. ” dia juga keukeuh.
” Bahagia ntu yang gimana?? Yang punya rumah gedhong, mobil mewah dan atm penuh duit kaaannn??? ” aq nyerocos tanda gak puas.
” Ngggg…….. Kalo saya seeehh gak gitu mbak……. Bahagia ntu artinya ikhlas. Saya ajah mbak, merasa kalo dah sukses. Misalnya, walopun bwat mbak gaji saya kecil, tapi saya dah bisa ngasih ibu saya uang bwat sekolah adik-adik tiap bulan. Bahkan kmaren uang THR bisa bwat bantu bapak bayar kontrakan rumah. Saya dah gak ngerepotin orang tua lagi, insya Allah. Itu menurut saya berarti saya dah sukses………” Iis ngomong panjang lebar dengan suaranya yang lembut.
” Emang gak pengen nyicil motor baru mbak??? Ato ngambil kreditan rumah baru yang murah tipe RSS kan ada??? ” buru-q.
Iis menggeleng, ” Enggak, mbak. Cukuplah honda ulungnya bapak masih bisa jalan kok…… Trus rumah kontrakan kan dikontrakin PJKA tanpa batas waktu selama qta bayar sewa pertahun yah gak bakalan digusur…… ”
” Kredit, mbak…….. Kan ringan……. Pa gak pengen punya rumah dan motor pribadi???? Cukup ntu gajinya bwat nyicil asalkan gantian ngambilnya…….”
“Enggak mbak….. Bwat saya, orang yang gak punya hutang, adalah orang yang kaya……… Jadi, saya ini dah sukses dan kaya…. Hehehe ” Iis tertawa kecil.
” Kalo aq seh mbak, lom nemu yang pas, arti sukses sesungguhnya…. ” aq menjawab dengan putus asa.
” Gak usah sedih mbak…….. Sukses itu bahagia……. Kalo mbak merasa bahagia dan ikhlas dengan semua yang mbak dapat dalam hidup, yah berarti mbak termasuk orang-orang yang sukses…… ” Iis menutup pembicaraan kami dan aq makin termangu dengan smua kata-katanya yang terakir, yang sekali lagi, begitu indahnya di kuping-q. Beautifull words yang justru keluar dari bibir seorang perempuan cacat dan miskin. Tapi, dia bisa memberitahu aq, arti sukses, yang menurut-q paling pas dan mengena.

Kalo mbak bahagia dan ikhlas dengan semua yang mbak dapatkan dalam hidup, itu artinya mbak termasuk orang-orang yang sukses………. Kali ada benernya juga. Saat ibu-q lom sakit, karier bapak lagi bagus-bagusnya. Nge-top. Diundang jadi pembicara di berbagai seminar, jam mengajar yang padat pada berbagai universitas favorit. Smua bapak punya. Kala ntu aq beranggapan, sukses adalah bapak. Merangkak dari nol sampe punya segalanya. Hebat. Bapak dan Ibu dan merencanakan masa tua yang indah bersama anak cucu mereka. Tiba-tiba, bagai membalik telapak tangan, Allah merubah semuanya. Kesuksesan bapak dalam karier ternyata tak berakhir bahagia di hari tua beliau. Bahkan tak lama kmudian saat bapak terkena serangan jantung lalu wafat, semakin hancur berantakan lagi rencana indah hidup-q yang telah aq susun menuju sukses. Sungguh, aq lom bisa menerima……. Seharusnya hidup-q gak begini…. Seharusnya, aq bisa seperti teman-teman-q yang laen…… Dulu waktu sekolah, aq lebih pintar dari mereka…… Tapi, gak bisa….. Aq, harus di rumah. Titik. Merawat dan menunggu ibu. Gak bisa aq jelasin knapa harus bgitu. Tapi yang jelas gak mungkin jadi wanita karier. Gak mungkin kerja di luar rumah. So, yahhh impian kesuksesan-q smakin jauuuuhhhh dari angan-angan……. Ini yang aq terima dalam hidup-q……. Tinggal tunggu suami pulang kerja, lalu kalo butuh ini dan itu masih harus merepotkan dia yang sudah capek dan lelah…… Menyedihkan bukann??? Walopun ntu dah kodrat, tapiii aq gak bisa langsung menerima……. Sampe Iis mengatakan pendapatnya tentang kesuksesan…….. Gak terasa aq jadi termehek-mehek seorang diri…… Hati-q kayak di-tonjok bogemnya mas Chris John……. Aq maluuu…… Dia ajah dah puas dengan semua yang Allah berikan padahal kehidupannya begitu berattt……… Sedangkan aq, yang sehat wal afiat, yang masih bisa tidur pake AC tiap malem walopun gak di rumah bergaya victorian, yang masih bisa bayar internet tiap bulan yang masih bisa makan sehari 3 kali ( Iis di rumahnya cuma dijatah makan sehari sekali ama orang tuanya….. semua karna keterbatasan biaya….. Jadi, keluarganya Iis dah biasa puasa Daud bwat mengirit… ) bergizi lagi, duuuu aq kok ngerasa gak cukup terus…….. Ngerasa gak puas, apalagi ikhlas……….

Hhheeehhh………. Ya sudahlah, aq ajah yang keblinger kaleee…….. So, biar temen-temen gak keblinger juga ama kesuksesan orang laen, pa lagi kalo yang dijadi-in patokan tu Bill Gates, daripada mati gaya, yuk ahhh qta belajar ikhlas………. Mungkin, kalo qta dah bisa merasa ikhlas, qta akan menemukan artinya : bahagia. Trus, kalo dah ketemu ama bahgia, pastinya : kesuksesan akan mengekor di belakangnya. Tetap lakukan hal yang baik dan bermanfaat dalam hidupmu, karena qta menjadi manusia berguna bila qta dah bisa memberikan manfaat bwat orang laen…….. Kale neh yah, intinya, kalo kesuksesan yang qta kejar hanya dari sisi materi ajah, gak akan pernah qta merasa cukup. Dan sesuatu yang bentuknya real kayak materi contohnya uang, tabungan, mobil n harta benda laennya, satu saat pasti akan berakhir. Akan habis. Gak tau de, bentar ato lama habisnya. Tapi yang jelas, gak akan abadi. Example nyatanya yah yang aq alami ndiri tadi, kesuksesan bapak aq yang sepertinya finish stelah ibu kena stroke permanen.

Ma kasih Iis, kamu sudah membwat mata dan hati-q terbuka………. Aq akan berusaha menemukan bahagia itu, supaya aq termasuk orang-orang yang sukses. Smoga, aq bisa sgera menerima dengan ikhlas semua yang telah dan akan Allah berikan dalam hidup-q, walopun seringkali aq terkejut karna yang terjadi selalu beda dengan yang aq bayangkan. But, hidup ni memang selalu penuh kejutan, kan????

IBSN adalah sebuah wadah insan indonesia dalam jaringan internet
dengan berbagai jenis blog platform yang memiliki konsep
keindahan berbagi berbagai hal bermanfaat untuk kebaikan pada
sesama, dengan tujuan untuk membuat hidup ini makin bermakna.
visit Indonesians’ Beautiful Sharing Network

Iklan

48 responses to “IBSN : Sukses Versi Iis

  1. sheinastya putri

    sedelapan ma mbak iis,
    itu yg aku teus pelajari, bersyukur…ampun susahnya setengah mati, keseringan ngeluh soalnya.
    makanya lihat TERMEHEK-MEHEK mbak, bagus…wakakakak

  2. Betul, sist… yuk kita belajar ikhlas aja biar nggak mati gaya. Nggak cengo sama kesuksesan orang lain. Yang penting kita nggak berhenti berusaha dan berdo’a sama Tuhan semoga tetap diberi jalan yang terang buat jalani sisa2 hidup inih. Ketimbang ngeliat orang laen yang sukses, mending waktunya dipake buat berusaha hehehe… I like this article. Sure!
    Saat Ibunya Ika operasi… itu jadi inget betul sama nasibku. Saat lulus kuliah and udah siap2 mo ke Surabaya buat kuliah… Mama harus dirawat karena Gondok beracun/strucma (bukan gondok biasa) dan harus dioperasi … πŸ™‚ tapi hadapi semua dengan senyum dan orangtua adalah yang utama… Insya Allah selalu ada jalan buat kitah *hugz*

  3. Mbak.. Menurut aq, orang yg sukses adalah orang yg berbahagia dan bersyukur.. Susahnya, manusia pd umumnya merasa belum sukses dalam hidupnya… merasa belum ada yg pantas ditonjolkan.. merasa Tuhan tdk peduli ama mereka.. Pernahkan kita menghargai kesuksesan qta disaat qta balita berhasil “berjalan” setelah “nggelundung” berkali-kali? Pernahkan kita menghargai kesuksesan qta saat berhasil naik sepeda roda dua setelah jatuh berulang kali? Pernahkan qta menghargai kesuksesan qta saat anak qta jd juara kelas? Sadarkah qta saat itu bibir kita tersenyum lebar dan mata berbinar-binar.. Qta ini adalah orang sukses.. Thanks to God !

  4. aku udah bahagia belum ya? *tampak masih jauh* hihiihi

  5. Ukuran sukses emang beda tiap orang.. Kalo bersyukur karena merasa mendapatkan sesuatu yg membahagiakan, itu sukses.. Tapi kalo bersyukur karena pasrah / tidak mel;akukan apa-apa hanya nyerah menerima keadaan yg tidak membahagiakan, itu sih belum sukses..

  6. @sheinastya putri
    iya……. bersyukur, adalah hal tersulit yang bisa qta lakukan……. kalo mengeluh, adalah hal termudah yang bisa dilakukan setiap manusia…

    @tuteh
    smoga qta sukses meraih surga di telapak kaki ibu……… hehehe……

    @Fadhil
    iya betul mas………… nice comment yang mengingatkan aq bahwa sebenarnya seorang manusia telah “merasakan” kesuksesan berulang kali dalam hidupnya………… bahkan, sejak balita……….

    @ichanx
    deu Chanx……….. kamu masa iyah lom bahagiaaa??? pan dah ngetop euyyyy……..

    @yanimaniez
    mbak-q yang manieeezzz…….. ma kasih dah komen…… tul banget, qta tetap harus melakukan sesuatu yang bermanfaat bwat diri sendiri dan orang laen……. isn’t that right????

  7. kebahagiaan mang ngga bisa diukur dr apa yg kita miliki tp dr apa yg kita rasakan kita da bersyukur blom dgn yg dimiliki skarang..??sering2 melihat sekitar kita karena disana masiy banyak orang2 yg fight for life,just remember “we never alone”(^_^)

  8. buka blogku wis ganti templete ………

  9. menurutku orang sukses adalah orang yang dapat mensyukuri apa yang telah diberikan tuhan kepada kita..

    met kenal ^^

  10. Wah..berat banget.
    Ikhlas emang kuncinya.
    Sulit banget bisa menerapkan keikhlasan. Kalo dah ikhlas atas semuanya, pasti dah gak ada permasalahan.

  11. Aku sependapat dengan Iis…
    Bahagia bukan diliat dari Materi tapi dari perasaan,…

    Happy Always for Us ^_^

  12. klo menurutku sukses itu adalah ketika kita bisa membahagiakan orang-orang di sekitar kita…:)

  13. bener, kudu ikhlas πŸ˜€
    soalnya orang yg ga ikhlas, bawaanya was2 terus,
    susah bahagianya πŸ˜€

  14. bole bole aja si punya definisi masing2 mengenai suatu hal… tp alangkah lebih baiknya jika kita ttp berada pada jalur kesepakan bersama, dalam hal apapun juga, namun gk sampe menjadi seperti PKI adanya… πŸ™‚ hhhhmmmmmmmmmmmmmm….

  15. SUKSES itu :
    SUsahnya Kurang SEnengnya Sering !
    Ya gak ?

  16. wah …
    iklas tu banyak faedahnya..

  17. iya kalo enggak iklas jadi gak semangat kerja malah jadi kacau…..

  18. bener menurut aku dengan ikhlas hidup kita bisa bahagia

  19. Sukses???
    Bingung dan susah juga mau menjelaskannya karena aku sendiri masih belum merasa sebagai orang sukses nih sampai sekarang, hiks…hiks…
    Kalo perkembangan selama kita masih balita sih menurutku bukan kesuksesan tapi keberhasilan….(jadi bingung nih yang mana namanya keberhasilan dan kesuksesan????)
    Ikhlas…
    Ngomongnya sih gampang tapi penerapan dalam kehidupan kita sehari-hari yang sulit untuk kita lakukan…
    Bahkan yang paling sering aku alami adalah lupa berdoa dikala hati senang dan baru tobat jika kita sedang ada masalah…(hehe…jadi malu nih @_@ , kabuuuuuurrrrrrr!!!!!!)

  20. Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika kita mencintai apa yang kita lakukan, maka kita akan sukses.
    *maap, numpang kopi paste kata2 om Herman Cain, sapa tau nyambung :mrgreen:

  21. Sukses itu semua cita citanya tercapai.titik

  22. Godd posting Mbak, sangat menyenangkan lho bila membaca postingan Mbak ini, selalu memberikan inspirasi.

    Oh ya thanks ya telah meninggalkan pesan di aku, baru tau blogku ndak bisa tinggalkan koment, sekarang udah bisa Mbak, salam

  23. bener2 mbak’e…
    kalo kita rajin bersyukur, bahagia itu dateng sendiri nggak pake di kejer2 ya…

    dan apalagi yg kita butuhkan dalam hidup ini selain kebahagiaan?

  24. kalo buat aq ukuran sukses tuh kalo senyuman orang tua merekah melihat anaknya “semakin tumbuh dewasa” dan bisa di jadikan sandaran buat mereka kalo sudah tua renta πŸ™‚

  25. Mbak Ika….Ayah datang nich….senang membaca postingan mbak ika…tambah enak aja…mudahan menambah motivasi bagi yang membacanya dalam menjalani hidup ini….

    Salam selalu dari Ayah

  26. Bisa menjalani hidup sesuai kondisi dan takdirnya juga bisa disebut sukses iya gak πŸ˜€

  27. Yang namanya sabar, ikhlas, n bersyukur it susssaaah bgt.. Apalagi kalo kita selalu merasa adaa aja yg kurg dlm hidup ini.. Padahal kalo kita sadar segala sesuatunya berdasarkan qadha’ dan qadar.. Jd betapa tenangny mb. Iis it ya.. Selalu bersyukur hingga Allah selalu mencukupi..
    Sukses adalah bahagia it saya sepakat bgt.. Karena apa sih arti hidup kalo g bahagia..lahir bathin insyaallah..

  28. Sukses ya buat Mbak Ika dan Mbak Iis,
    Sepatu (sepakat dan setuju) untuk Mbak Iis,
    Sukses = Bahagia = Bermanfaat untuk orang banyak

  29. Selalu bersyukur mbak…..
    lam kenal ya…

  30. moga sama-sama bahagia, Dia tau ape yg terbaik buat kita, kita tidak bisa memilih, dan yakini bahwa pilihan DIA adalah Pasti yang super duper terbaik, jadi Tinggal bersyukur aja.

  31. Sukses tdk harus diukur dg materi dan jabatan.. Sukses hanya kita yang bisa merasakan, org lain blm tentu bisa tau sukses yg kita rasakan.. krn menurut saya sukses ada di dalam hati, rasa puas yg ga terhingga.. πŸ™‚

  32. aku dah…bikin posting baru tuch….kenapa macet ya, kok gak posting.?

  33. Moga2 kita smua bisa dapet kesuksesan di dunia dan di akhirat. Amin.
    Hahaha..orang ngeselin kayak gini bisa ngomong bijak..
    Salam kenal dari penggemar humor

  34. Jadi ingat tulisanku tentang etika sukses.
    salam hangat ajah.

  35. halo… ada ward untukmu di blogku, silahkan diambil yaaa

  36. sukses itu hanya kata.. tapi apa yg kita rasa itu yg nyata..

  37. Sukses itu nanti… ketika sudah menempati surga-Nya

  38. dah lama ga mampir, mampir ah…

    Lagi ngomongin pa ya?

    hmm…hm….sukses?

    sukses dirasa kalau sudah merasa berhasil dalam memperjuangkan keinginan kita.

    Kalau belum berhasil itu masih proses…
    tapi sudah sukses dalam memompa diri..

  39. Sukses ntu yang nilai orang lain. Kita nggak bisa menentukan batasan buat sukses. Jadi president aja belum tentu merasa sukses bagi yg jadi president. Namun ada orang melihat orang lain mengendarai mobil aja udah di anggap sukses bagi orang lain tsb….

  40. hoiiii temen-temen…………
    deeeuuu, maap yahhh aq gak bisa bales komen-nya atu-atu……. bis dah kebanyakan seeehhh hihihi, maklum ditumpuk terus neeehhh……. maap dah beberapa minggu ni aq bener-bener gak sempet banget blogwalking ke blog kalian semua……… bis ada sesuatu yang mesti aq kerjain n gak bisa aq tinggalin geetuuu……. btw, jangan kuatir deee ntar minggu depan lepas tanggal 5 April, aq insya Allah dah mulai senggang lagi jadi bisa kembali ke hoby lama-q yaitu : posting and blogwalking!!! hehehe……. naaaa mumpung masih ada beberapa hari lageee, kalian siapin suguhan apa kek gitu, biar kalo aq bertamu ke blog kalian ada camilan-nya…. hahaha……… thank’s a lot and CU soon!!!!

  41. lama ga mampir kesini, happy monday…:)

  42. thx for d info…

  43. ikhlas tuh harus,, ikhlas tuh penting,,heheh,,

  44. Hai… Watashi wa dr.kin desu….hai,hai,hai. Salam kenal Dr.Kin. Kamu bisa panggil aku Kin aja koq……… Karena anata yang pertama kali maen ke blogku…. Jadi my best friend ku dech……………..
    Sayonara, mataaimasho
    *Kin*

  45. Sukses?

    Mungkin aku akan merasa menjadi orang yang paling SukseS sedunia jika aku sanggup nyumponan biaya sekolah anakku sampai ke tingkat yang paling tinggi. Doakan aku!

  46. permisi numpang komen
    ya..itung itung dari pada ngelamun mending nimbrung ama kalian πŸ™‚
    salam

  47. ada award lagi untukmu, hayuk buruan diambil yaaa

  48. Astaghfirullah, hm, rasanya Rahma juga terlalu banyak mengeluh untuk kehidupan yang kebih dari cukup, astaghfirullah, makasi mbk postingannya.. membuka mata πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s