IBSN : Permintaan Tersulit

s5030310 Satu malam setelah sholat Maghrib berjamaah dengan mata berbinar-binar Audry bilang bgini, ” Bu, tau gak tadi setelah sholat mbak minta apa sama Allah? ”
Jelas dunk aq menggeleng. Lha wong doa kan dalam hati… Mana ada yang tau kalo gak dikasih bocoran???
” Mbak Audry minta dikasih kado istimewa sama Allah…….. ” katanya lucu.
” Kado istimewa apa to? ” aq penasaran. Jangan-jangan dia minta ha-pe berkamera, ato sepeda, ato jam tangan, ato crayon Carandace aduuuhhhh………. Bisa pusing pala-q kalo ada acara kado-kadoan bgene…
” Hmmmm……… Mbak minta dikasih adik sama Allah, bu……. Gimana bu??? Bisa gak yaaa??? ” dia makin merajuk deee……… Duuuhhhh…….. Lha wong aq dan suami-q dah brusaha niii…….
” Soalnya mbak bosan bu sendirian terus…….. ” rengeknya lagi.
” Insya Allah ya mbak… Ibu gak janji, karna semua itu kan Allah yang menentukan……. ” jawab-q akirnya. Biez mo gimana lageee???
” Emang caranya biar ibu dapet adik itu gimana seehhh??? ” tanyanya lagi. Tambah bingung aq bwat jelasin…. Kan susyaaahhh neehhh….
” Caranya yaahhh…… Mbak banyak-banyak doa ajaahh ” fiuuhhhh… harus jawab apa lageee………

Percakapan malam itu memang gak memuaskan bwat putri-q rupanya. Terbukti keesokan siangnya sepulang sekolah Audry dah teriak-teriak kegirangan, ” Bu, tadi aq baca buku di perpustakaan. Ada ramuan bwat bikin adik loohhh bu! ”
Wadoohh!! Gawat, buku apa yah yang dibaca dia????
” Bukunya gimana isisnya? Emang gimana caranya bikin adik, mbak? ” aq makin penasaran.
” Itu ada raja dan ratu yang sudah menikah lima belas tahun gak punya anak. Trus mereka nyuruh penyihir istana bikin ramuan yang terbuat dari jahe, kunyit dan rempah-rempah yang lain dimasukkan dalam kuali dan direbus air panas selama sehari semalam sambil dibacain mantera-mantera………. ” dengan semangat 45 Audry menceritakan isi buku resep membuat anak yang dibacanya di perpustakaan sekolah. Aq geli banget dengerin ceritanya. Duuuhhh mantera apaaaaa lageee yang harus dibacain??? Bisa-bisa malah diri-q yang merubah jadi putri kodok kalo salah baca mantera!!!
” Gini bu manteranya : hola holala karambes wes ewes……. Ropyana ropyana hung…… Coba ibu catat yahhhh….. Besok mbak Jum suruh bikin! ” katanya penuh kepastian.
” Iya iya ntar deee ibu catet yahhh…… ” biar dia gak kecewa.
” Jangan kelamaan, keburu mbak lupa nanti! ” tukasnya sengit.
Tiba-tiba, ” Bu emang gejalanya orang hamil apa? ” tanyanya lagi.
” Nggg…….. mual-mual dan gak haid…….. ” jawab-q sekenanya.
” Haid itu apa??? ” dia selalu pengen tau sampe tuntas tas tas!
” Haid itu artinya…….. Ibu gak boleh sholat….. Kan kadang-kadang ibu gak sholat to? Ibu bilang dapet cuti seminggu dari Allah untuk gak sholat? ” duuuhhh mati aq……… gimana cara ngomongnya????
“Ooooo berarti kalo ibu sholaaatttt terus gak pernah cuti, berarti mbak mo punya adik dunk! ” matanya berkilat jenaka. Aq mengangguk.

Setelah itu hampir setiap hari Audry tanpa bosan menanyai-q apa aq mual, apa aq sholat ato enggak hari itu. Hampir kewalahan aq menjawabnya. Dan aq takut dia akan merasa putus asa bila harapannya ternyata gak menjadi kenyataan. Ini harus dibicarakan.
” Mbak, kadang-kadang qta gak mendapat apa yang qta inginkan.. ” aq berusaha membuat kalimat pembuka yang manis dengan intonasi selembut mungkin. Try!
” Di dunia ini seringkali kenyataan gak seindah harapan. Seperti juga harapan dan keinginan mbak untuk punya adik lagi. Mungkin Allah punya rencana yang laen……… ” aq gak tega melihat wajahnya mulai tertunduk. Lesu. Dia mulai bisa meraba arah pembicaraan-q. Oooo my smart girl……. I didn’t want to make you disappointed! Really!!
” Pasti ibu mau bilang kaaann. Mbak Audry gak mungkin punya adik lagi??? ” dia menatap mata-q. Dalam. Aq tertusuk. Sedih.
” Bukan begitu, mbak……. Tapi……. Mungkin yang terbaik adalah ibu dan ayah hanya mempunyai dua anak saja…… Mbak Audry dan Fafa….. ”
” Fausta kan sudah meninggal, bu………. Gak ada lagi…… Yang terbaik gimana??? ”
” Maksud ibu, mungkin masih banyak yang harus ibu kerjakan jadi Allah belum ato mungkin gak akan memberikan mbak adik lagi. Ibu masih harus merawat titi kannn??? Dulu aja waktu adik masih ada, ibu sering sakit kecapekan karna banyak banget yang harus ibu kerjakan….. ” aq menghela nafas panjang. Aq liat mata gadis kecil-q mulai berair.
” Mbak harus berbesar hati yahhh??? Kan dengan demikian perhatian dan kasih sayang ibu bisa tepusat pada mbak saja……. Coba, kalo mbak punya adik bayi, ntar malem siapa yang nemenin mbak belajar? Ya kannn??? ” aq mencoba membwat kalimat sesederhana mungkin namun tetap terasa begitu panjang.
” Kenapa yah bu, teman-teman mbak di sekolah kok malah sebel sama adik-adiknya…. Mereka bilang punya adik gak enak, karena selalu rebutan mainan, rebutan crayon, rebutan apa ajaahhh……. ”
” Yaahhh…… Mereka kan belum pernah kehilangan seperti mbak…… Jadi mereka belum mengerti indahnya berbagi dengan saudara….. ”
” Bu….. Seharusnya mereka bersyukur yah??? Punya adik……. ”
” Lhoooo kamu juga seharusnya lebih bersyukur, mbak……. Kamu kan juga pernah dan selalu punya adik……. Banyak orang yang sejak lahir hingga dewasa gak pernah merasakan punya adik ato kakak…. Mbak lebih beruntung dari mereka…… Punya adik, walopun sebentar….”
” Tapi adik kan sudah gak ada bu…… ”
” Dia selalu ada………. Walopun dunianya berbeda…….. Dia selalu ada, di hati qta, mbak…….. ” aq memeluknya. Dia mulai terisak-isak.
” Bu, yuk qta berdoa……… ”
” Minta apa sama Allah? Minta adik lagi??? ” goda-q. Audry menggeleng.
” Enggak…….. Audry mau minta, smoga Fafa bahagia di sana……… ” kepala Audry menengadah ke atas. Aq menciumnya. Tidak q sangka, banyaaakkkk sekali nilai-nilai kehidupan yang aq dapatkan dari si kecil yang duduk di samping-q ini. Bahwa semua manusia memang digariskan untuk merasa bahagia, senang, gembira, kehilangan dan punya harapan sekaligus menyerah ketika nasib sudah memberikan batas yang tak bisa didobrak. Tapi dia harus belajar untuk mengatasi semua masalahnya sejak kanak-kanak. Bukankah hidup ini memang seperti permen nano-nano??????

Iklan

20 responses to “IBSN : Permintaan Tersulit

  1. hebad juga anak mba.. kecil2 tp rasa ingin twnya gede bgt,, hahahha…

  2. Wah….
    Putri mbak pinter + lucu banget yah????
    Aku kagum nih dengan besarnya keingintahuannya akan sesuatu yang belum dia pahami…
    Jangan-jangan putri mbak adalah titisan Albert Einstein bapak Fisika yang super duper pinter itu loh yang nemuin racikannya teori atom???
    Yah semoga aja apa yang diharapkan oleh putri mbak segera terkabul,Amiiiiiiiin…!!!
    Tapi soal ramuan bikin anak yang didapat oleh putri mbak boleh juga tuh diterapin,coba aja mbak sapa tau bisa, ya kan…(hehehe??)

  3. apa kabar? lama gak bersua.
    btw, ksh aja deh dede buat Audry. he he he

  4. saya sedang mencerna
    maksud tersembunyi tulisan anda
    ..
    semangat!!!

  5. salam kenal
    buat ibu

  6. anak kecil makin lucu kalo udah mulai eksplor rasa ingin taunya ya.. :]

  7. sheinastya putri

    pertanyaannya:sudahkah dicoba ramuannya si audry??
    wa wa wa wa wa wa
    iya mbak…punya anak lagi lucu kali ya?biar ponakannya om toey tambah akeh

  8. huaaa.. hebat juga yah si kecil 🙂

  9. anak cerdas…
    terkadang kita justru belajar banyak hal dari anak kecil

  10. yo….tak doa’in biar cepet dpt baby lg…..

  11. yahhhhhh…..

    yang sbar ya dry…..emang g enak kok jd the one n only itu….ga ada temen n kesepian…yah…soalnya dah ngerasain sih….g punya sodara ce…

    tapi semua itu ada kelebihan n kekurangannya….tinggal bagaimana orang tua yang ngejelasin ke lovely daughter nya….

  12. coba dulu ramuannya sapa tau berhasil..
    salam kenal, bu..

  13. sama seperti anak saya…

  14. Nampaknya pengen lagi nich biar genap ya

  15. @novilim
    saking hebatnya sampe aq kwalahan hahaha….

    @Rudy
    waahhh jangan jadi Einstein dunk…….. katanya Audry, gak keren blasss…… hahaha…..

    @fanny
    cara ngasihnya gimana??? dah dibikinin gak jadi-jadi nehhh……..

    @ILYAS ASIA
    loohhh kan gak maen sembunyi-sembunyian niii……

    @phiy
    iyahh…. malah nemu ramuan ajaib sgala…….

    @sheinastya putri
    lom dicoba……… takuuuttt muntaber………

    @easy
    stuju!! belajar dari anak kecil yang kadang qta gak pernah merasa bahwa dia bisa jadi guru juga bwat qta………

    @yanimaniez
    duuuhhh…….. malem-malem harus menyusui lagi dunk……….

    @dewi
    kayaknya Audry emang lagi belajar bersabar…… gak smua keinginan bisa diwujudkan…..

    @dr naziel
    loohhh gimana seehhh, dok……. ntar kalo kena typhus gimanaaaa????

    @tuyi
    idem dunk!

    @Mr Bien
    emangnya matematika, ada bilangan ganjil dan genap?????

  16. He..he….
    Lucunya anak-anak, bikin anak pake mantra…ha..ha..

    Salam tuk Audry…..

  17. ada2 aja ya si Audrey. pake ramuan segala. he he he…emang obat…

  18. Audry kesepian rupanya….
    Smoga harapannya bisa terkabul ya he…he..

  19. Wah aku terharu tak terasa keluar air mataku.. Di balik kepolosan putri mbak tersimpan sebvah kebijaksanaan. Semoga jadi anak yang sholihah.
    Salam kenal mbak di tunggu cerita selanjutnya

  20. anaknya lucu + pinter banget…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s