Garuda Di Dadaku : Makes Your Dream Come True

Garuda Kebanggaanku

Garuda Kebanggaanku

Semalem nurutin Audry nonton Garuda Di Dadaku. Secara dia juga lagi liburan plus rapornya bagus banget ( gileeee….. gak nyangka anak-q encer juga otaknya……. hahaha…. bis nilai rapornya hampiiirrr semuanya 9!!! Jadi emaknya rada-rada narsis dikit boleh dunk…. hihihi ) dan qta dah dapet info kalo ntu pilem mutu bangett!!! Setengah gak percaya juga sehh sebelomnya. Lha wong dulu pas nonton Laskar Pelangi ajah kecewa karna
gak seheboh novelnya. Ayat-Ayat Cinta juga gituuuu……. Terlalu dramatis dan saat temen2 aq pada meneteskan air mata, aq malah bengong… Apa yang perlu ditangisi??? Karna kedua pilem ntu gak bisa membuat hati-q bergetar so aq berharap Garuda Di Dadaku kali ini bisa memberikan pelajaran berharga buat aq dan anak-q tentunya.

Gak sia-sia ngantri 2 jam bwat dapetin tiketnya. Ngincer kursi deretan A dan B tapi malah cuman bisa dapetin F!!! Yaaahhh mo apa lagi???? Scene demi scene awalnya gak terlalu dalem. Banyolan dan latar belakang persahabatan Bayu dan Hery sangat mempesona bwat-q. Bayangkan, si Hery yang cacat gak pernah memendam perasaan iri pada sohibnya Bayu yang punya tendangan hebat bak striker beneran. Justru dia-lah yang dengan segala daya dan upayanya berusaha membantu Bayu untuk meraih impian sohibnya itu : Masuk Timnas U 13!!! Sebaliknya Bayu juga gak merasa iri pada kekayaan Hery yang luar biasa. Bayangin ajah, kemana-mana dianter sopir pribadi dan tunggangannya Toyota Alphard pula!!!
” Bu, kok bisa yahhh sahabatan seperti mereka berdua?? ” tanya Audry setengah berbisik.
” Lho emang knapa? ” aq balik nanya. Gak ngeh.
” Gak saingan yah mereka…….. Malah saling bantuin. Mereka juga gak pernah saling iri ” katanya lagi.
Aq tersenyum, ” Mbak, seharusnya sahabatan emang gitu… Kalo salah satu gak bisa yang lainnya harus bantuin. Sebaliknya kalo salah satu gagal lainnya harus kasih semangat. Gituuuu… ”
Audry mengangguk-angguk. Rupanya persahabatan diantara mereka berdua sangat membekas di hati Audry. She is impression about them!!!

Peran Ikranegara sebagai kakek Bayu juga sangat pas untuk melukiskan gambaran seorang kakek yang merasa harus bertanggung jawab terhadap masa depan cucunya karna perasaan bersalahnya pada almarhum ayah Bayu yang notabene adalah pemain bola yang gagal masuk Timnas karna cedera lalu hidupnya harus berakhir hanya sebagai seorang sopir taksi. Tragisnya sampe saat putra satu2nya meninggal kedua anak beranak tersebut dalam keadaan perang dingin. Penyebabnya jelas-jelas : sepakbola. Sang kakek yang trauma bola sangat worry cucunya akan mengalami nasib tragis yang sama seperti anaknya. Menjadi pemain bola yang sia-sia. Berbagai macam les menghujani hari-hari Bayu demi mengalihkan perhatian Bayu pada sepakbola. Mulai melukis, matematika, bahasa Inggris hingga musik. Bahkan sang kakek berharap Bayu kelak berprestasi di sekolahnya dan punya masa depan yang cerah. ” Aku lebih tahu, apa yang terbaik buatmu………. ” kata-kata sang kakek yang dalam pilem ntu diucapkan berulang-ulang sangat membekas di hati-q. Membuat aq teringat setahun lalu saat aq dan Audry putri-q bertengkar karna dia mogok les matematika, ” Mbak, matematika penting bwat masa depanmu…….. ”
” Enggak!! Mbak mau berhenti les matematika, bu………. Mbak bisa kok belajar sendiri……..” tukas Audry.
” Nanti nilai matematika kamu merosot di sekolah……… ” bujuk-q gak mau kalah.
” Tapi bu, mbak Audry pengennya les biola……… Gak mau matematika…….. ”
” Sekarang kan udah les keyboard, mbak…… Udah cukup…. Musik cuma sekedar selingan. Hoby! ” suaraq meninggi. Kecewa berat. Aq mendukung Audry bermain musik karna aq emang tau sejak batita dia suka mencet2 tuts electone-q sebelum aq membelikannya keyboard yang lebih modern. Tapi bagi-q, matematika adalah kunci segala ilmu. Keywords segala prestasi. Tanpa matematika seseorang seperti gak berguna.
” Iya, keyboardnya tetep, bu……….. Tapi tambah biola lagi…… ” Audry mulai keras.
” Lho katanya pengen jadi dokter, insinyur, yah harus les matematika……….. Musiknya jangan kebanyakan… Nanti mbak gak bisa belajar lhoooo…….. ”
” Sapa yang pengen jadi dokter? Jadi insinyur? Aq pengen jadi pemusik! Musisi! ” Audry tambah sengit.
” Pemusik? Masa depan suram tau! Iya kalo jadi musisi nge-top, duitnya banyak. Lha kalo enggak nge-top? Mo jadi apa kamu???? ” kali ini bener-bener emosi. Sejak kecil aq berusaha menanamkan cita-cita yang tinggi lha kok sekarang jadi punya cita-cita lain toooo?????
” Sudah…. Jadi pemusik boleh, tapi jadi dokter oke juga kok……. Kayak Tompi, Maia Estianty…. Musisi tapi sekolahnya kan juga tinggi, mbak……….” suami-q datang menengahi.
” Tapi yah, mbak Audry gak mau les matematika…. Bosan ayah… Di sekolah udah banyak matematikanya.. ” rajuk Audry pada ayahnya. Pasti aq kalah lagi deeee…….. Biez, pembela tanah air datang………
” Iya udah gak papa. Gak les matematika. Tapi nilai matematikanya gak boleh jelek yahhh??? Minimal 80. Deal??? ” tanya suami-q jenaka. Audry berbinar-binar dan aq cemberut rutttt……..
” Deal!!!! Tapi…… les biola ya ayah???? Ultah mbak gak usah dirayain, beliin biola ajahhh… Yahhh???” rayuan maut Audry selalu berhasil membwat suami-q mengangguk.

Lalu dada-q makin bergemuruh saat melihat adegan Bayu yang berusaha keras membuktikan bahwa prestasi yang patut dibanggakan bukan hanya akademis semata. Usaha dan kerja kerasnya di antara keterbatasan waktu dan fasilitas demi meraih impiannya. Masuk Timnas U 13! Dan mata-q terasa basah saat sang kakek meminta maaf pada si cucu karna selama ini sudah memaksakan semua keinginannya walopun sebetulnya dia hanya ingin cucunya mendapatkan masa depan yang baik juga ketika Bayu terpilih dan lolos audisi Timnas U 13. Aq teringat saat dengan terpaksa aq menuruti keinginan Audry untuk membelikannya biola. Lalu menghapus waktu les matematikanya dan menambah jam les musiknya. Suatu siang Audry berteriak gembira sepulang sekolahnya.
” Bu…. Aq lolos audisi untuk lomba ansemble bu……. Padahal pemain biolanya yang ikut audisi ada tujuh anak lho bu….. Trus diambil tiga anak ajahhh……… Termasuk aq, bu………. ” hidungnya kembang kempis karna bangga. Saat itu rasanya biasa ajahhh. Tapi rupanya dia bangga banget bisa masuk team ansamble itu. Aq makin terpana saat team ansamble sekolah Audry menjadi juara 1 Lomba Ansamble se-Kota Surabaya, padahal pesertanya lumayan banyak dan menurut-q penampilan peserta-peserta yang laen itu sungguh heboh. OOO………… ternyata…….. anak-q bisa juga membuktikan bahwa dia memang cinta pada musik melebihi matematika!!! Lebih sesak lagi dada-q saat kemarin aq menerima rapornya dan melihat angka 9,1 untuk matematika. Dia bisa menepati janjinya. Bukan itu saja, di tengah kesibukannya berlatih ansamble untuk berbagai kegiatan sekolahnya dia tetap berada di deretan 3 besar di kelas!!! She is my star!!! Lalu di gedung yang dingin malam itu aq menyadari betapa gak berperasaannya aq ini….. Yang selalu memaksakannya untuk menjadi seseorang yang tidak pernah diinginkannya. Lha wong sekedar cita-cita ajah kok aq juga maksa yaaahhh…………. Seharian, aq merasa bersalah.

Tapi sungguh, anak-q. Ibu tidak ingin menjadikanmu hanya sekedar alat untuk membwat bangga. Ibu mencintai kamu, karena ibu benar2 cinta. Ibu menyayangi kamu, karena ibu sungguh2 sayang. Ibu bangga padamu karna ibu mencintai dan menyayangi kamu. Sungguh!!! Maafkan ibu sayang, karna ibu sempat memaksakan kehendak ibu. Maafkan ibu, karna ibu sempat mendiktekan cita-cita ibu padamu. Maafkan ibu, karna ibu sempat menganggap lebih tau apa yang terbaik untukmu. Sekarang ibu yakin, kamu lebih tau apa yang terbaik untukmu. Kamu boleh ingin jadi apa saja….. Asalkan kamupun berusaha keras untuk mwujudkannya….. Makes your dream come true, I’m sure you can!!!

Tapi anak-q sayang, however, kerasnya orang tua hanyalah sebentuk keinginan untuk mendapatkan yang terbaik buat anaknya. Begitu juga aq, ibumu……………………. Please, forgive me……….

Iklan

22 responses to “Garuda Di Dadaku : Makes Your Dream Come True

  1. sheinastya putri

    aku belum nonton..apik berarti..
    haha, aku jg dlu gtu,,,ortuku memaksaku utk jd dokter krna th aku bakat di bdang itu, tapi aku suka berbsnis n pgn lbh th mnajmen, jd aku lwan aja..dokter d banyak tp entrepreneur dikit..wakakakkkkkk

  2. mungkin teman2mu terlalu peka perasaannya.jadi mudah nangis.he he he.

  3. mbaaakk….aku mampiirrr..eheheheh…
    pa kabar mbak? semoga selalu sehat, bahagia dan ceria yaaa.. ^^v

    salam sayang selalu 🙂

  4. ohhh,, kayaknya bagus tuh..

  5. aku sudah nonton filmnya
    meski ngantri tapi is oklah tuh film
    salam hangat selalu
    pa cabar?

  6. Hmmmmmm…
    Wahh… bener2 kisah kita mirip dgn garuda di Dadaku. Hahihu3x… ^_^-> ibu ^_^ -> Mbak Audry.

  7. Jadi pengen nonton nih ..

  8. kalo nonton ajak2 dong 🙂
    wah selamat ya buat putrinya yg nilainya bagus

  9. BENTAR LAGI, akan muncul film tandingan : aku di dada garuda

    prediksi ilyas afsoh 🙂

    maklum : orang Indonesia kan suka kreatif

    salam blog walking 🙂

  10. Film ini memang keren…

  11. pagi………..
    salam hangat selalu
    semangat terus ya sahabat………….. ok

  12. Klo aku, justru suamiku yg pengen nonton garuda di dadaku, tp kasian blm kesampaian…

  13. huaaahhhh belom nonton uy…… kapan ya…..

  14. nunggu tayang di tipi aja ah …
    haha .

  15. wow…im spechless bunda…cerita bunda, deket banget ma pengalaman saya dan suami. lebih tepatnya, apa yang suami saya alami dengan orang tuanya. perasaan2 itu yang membuat suami saya bersikeras gak akan memaksakan keinginan ke anak2 kelak.

    memang butuh jiwa yang besar untuk mengakui bahwa anak2 tau apa yang mereka inginkan ya bun, salut…semoga saya juga bisa melakukannya 🙂

  16. Mba Ikaaaa….suwi tenan rek aku gak nongol2 mengunduh blognya, top deh mommy yg atu ini, rekreasi buat anak ga jauh2 dr unsur edukasi. Update kabar2 terbaru yaa..

  17. @sheinastya
    dokter plus enterpreneur……. kombinasai bagus kannn???

    @fanny
    cengeng mode on tuuuu mbakkk……

    @indahrephi
    iya dunk…….. ceria dan sehat are the best!

    @sulistya indriani
    udah nonton belummm????

    @dobleh
    benerrr….. top abiezzz!

    @audry
    iyahhh……. maapin ibu yah sayangggg………

    @lianny hendrawatie
    udah nonton kan bu????

    @anny
    hayuuuuukkk……. kapan nehhh????

    @ilyas
    waaaaa……. pa ada yang mau yah nonton tandingannya ntu?

    @indra
    se-delapan……….

    @bluethunderheart
    mantaaappppp!!!!

    @witha
    knapa mbak??? suaminya sibuk banget yah??

    @kidungjingga
    cepetan…… keburu habissss masa tayangnya…

    @riffy
    halaaahhh di ti-pi mah gak seru atuuuhhh…….

    @bunda ayra
    betul bunda………. mereka hanya butuh dukungan bukan tekanan….^-^

    @hanita
    duuuu pa kabar mbakkkk………. q juga kangen nehhh maen ke blog mbak hanita…… yuuukk maen yukkk……..

  18. Semangat 45 untuk generasi penerus bangsa…Salam blogger!!!

  19. haduuuww jadi pengen nonton… kapan ya bisa nonton, cari-cari aahhh……
    makasi mb ika atas inspirasinya… 🙂

  20. bagus ya..film-nya?
    jadi pengen nonton..

  21. saya belum sempat nonton nie..tapi baca ni artikel jadi pengen nonton,wkwkwk

  22. @habibiehosen
    semangat bung!!!!!

    @mahardhika
    apa masih ada bioskop yang muter yahhh??? kan dah sebulan yang lalu tuuuu………..

    @dr naziel
    hayuuuukkk buruan nonton DVD-nya ajahhhh…

    @ivana
    benerrrr, gak rugi kok……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s